Palembang Surga Developer

Banyak sekali berita hangat seputar pembangunan di Palembang belakangan ini yang membuat semua pelaku bisnis gemas ingin pembangunan itu segera selesai semuanya. Mulai dari penetapan Tanjung Api-Api menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), pembangunan pelabuhan internasional Tanjung Api-Api, pembangunan LRT (Light Railway Transit) dari Bandara ke Jakabaring Sport City, dan jalan Tol Trans Sumatera. Untuk Pelabuhan dan KEK di Tanjung Api-Api sebenarnya masuk kawasan kabupaten Banyuasin, tapi mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan Palembang, orang lebih memilih menyebutnya sebagai Palembang daripada Banyuasin. Keseriusan pemerintah membangun Palembang terlihat dari betapa seringnya Presiden Jokowi mengunjungi Ibu Kota Sumatera Selatan ini. Jika ada kota di luar pulau Jawa yang paling sering dikunjungi Presiden langsung, kota itu bisa jadi adalah Palembang. Palembang dimata pemerintah memiliki tingkat kestrategisan yang tinggi. Sebagai ibukota provinsi, kemajuan Palembang tentu akan mendongkrak pembangunan di wilayah selatan Sumatera.

Cita cita pemerataan pembangunan akan mendapatkan momentumnya dengan memilih kota yang tepat. Beberapa sebab Palembang dinilai memiliki nilai strategis yang tinggi dibanding kota lain di Sumatera antara lain Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Dari sisi luas, Palembang memiliki luas sebesar 358,55 km², mengalahkan Malaysia yang hanya 329 km². Jumlah penduduk pun setara dengan jumlah penduduk Kuala Lumpur, sebanyak 1,7 juta orang. Sebagai ibukota provinsi, Palembang dilengkapi dengan bandara berkelas internasional, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, yang termasuk salah satu bandara terbaik di Indonesia. Keberadaan komplek olahraga bertaraf Internasional, Jakabaring Sport City juga menjadi nilai lebih Palembang yang lainnya.

Semua rencana pembangunan ini bila berhasil direalisasikan akan membuat ekonomi Palembang melejit luar biasa. Dimanapun, bila ekonomi melejit akan menjadi magnet yang mengundang penduduk dari daerah sekitar maupun dari kota lain untuk datang dan menetap, jumlah penduduk menjadi bertambah. Agar sehat, pertambahan penduduk mesti berbanding lurus dengan pertambahan hunian, bila tidak akan menjadi masalah sosial baru. Dengan ekonomi yang membaik, permintaan rumah untuk kelas menengah dan atas tentunya akan naik. Kota Palembang melalui developernya mesti mampu menyiapkan hunian yang sesuai permintaan pasar. Semakin baik ekonomi, selera dan expektasi akan mutu semakin tinggi tentunya. Diperlukan developer kelas nasional yang mampu menjawab kebutuhan itu.

Ciputra di Palembang

Dua developer nasional yang melihat peluang di kota Palembang adalah Ciputra Group dan Lippo Group. Untuk Ciputra, Sebagaimana kebiasaannya, kali ini pun masuk ke Palembang dengan menggandeng developer lokal, PT Cipta Arsi Griya. Tidak main – main, luas lahan yang dikembangkan di Palembang terbilang luas, 250 Hektar. Kawasan Alang Alang Lebar menjadi kawasan yang dipilih untuk pengembangan project yang diberi nama CitraGrand City. Melalui CitraGrand City, Ciputra memposisikan diri sebagai Pioneer New Township Development yang berusaha menjawab semua kebutuhan akan living dan working space yang nyaman, teratur, sehat, berwawasan lingkungan dan berstandar internasional. Kawasan perumahan ekslusif di jantung kota Palembang ini dirancang khusus oleh konsultan masterplan yang sudah mendunia, yaitu Townland International yang berpusat di London.

CitraGrand City berada di Jalan ByPass Alang-Alang Lebar KM 12 yang merupakan simpul sekaligus jalur nadi Lampung-Palembang-Jambi. Kondisi ini  membuatnya memiliki tingkat kestrategisan lokasi yang tinggi . Menuju bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II penghuni hanya butuh waktu 5 menit saja. Sementara menuju pusat kota cukup sekitar 10-15 menit. Dari perencanaan tata ruang kota, kawasan ini memang merupakan kawasan yang dikhususkan untuk pengembangan kota baru. Kesesuaian antara fungsi dan rencana kota membuat CitraGrand City keberadaanya sangat disupport oleh pemerintah kota Palembang. Banyak jalan dan fasilitas umum yang diintegrasikan oleh pemerintah Kota Palembang ke komplek CitraGrand City ini.

Sementara Lippo Group memilih pembangunan property komersial. Wilayah Simpang 5 DPRD dipilih untuk mengembangkan “Lippo City Palembang” nya. Lippo mengembangkan 3 Mall sekaligus di kawasan yang terkenal dengan kawasan Kampus ini. Mall pertama Lippo di Palembang adalah Palembang Square yang dimilikinya setelah mengakuisisi saham PT Bayu Jaya Lestari Sukses. Tak lama setelah itu Lippo mengembangkan Palembang Square Extension. (PSx). Palembang Square Extension adalah mall pertama yang berada di underground. Bila di Palembang Square hypermarket yang di gandeng adalah Carefour, di Palembang Square Extension hypermarket yang di gandeng adalah dari group mereka sendiri, Hypermart.

palembang-icon

Tak butuh lama, melihat kondisi mallnya yang setiap Sabtu Minggu selalu penuh, Lippo membangun mall ke 3 mereka di Palembang. Kali ini dengan segmen menengah keatas. Jadilah Palembang Icon, life style mall pertama di kota Palembang. Palembang Icon terletak di simpang 5 Jalan POM IX no.1, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang. Menuju Mall baru ini bisa ditempuh dengan mudah menggunakan angkutan umum seperti Transmusi, Angkutan Kota, dll. Walaupun masih baru, mall ini mendapatkan perhatian tersendiri di hati warga Palembang karena barang-barang yang dijual terketegori Branded dan pertama di Sumatera Selatan. Tak main-main banyak sekali brand-brand Nasional dan Internasional yang dihadirkan. Di lengkapi sky dinning dan danau buatan menjadi jadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu saja, salah satu anchor store nya, Cinemaxx, langsung mengusung konsep studio bioskop pertama di luar Jabodetabek yang paling lengkap hingga saat ini, dengan 8 studio yang terdiri dari studio Reguler, Ultra XD dan Cinemaxx Gold.

 

PALEMBANG SIAP

Dengan sudah adanya komplek hunian berkelas tinggi seperti CitraGrand City, Palembang sudah siap mewujudkan dirinya menjadi Kota Metropolitan bertaraf Internasional. Apapun program pembangunan dari pemerintah pusat, Palembang memiliki kecepatan yang sama untuk mengimbanginya. Berapapun pertambahan penduduk yang terjadi dari pembangunan ini sudah ada jawaban yang tersedia untuk masalah hunian berkelas. Investor dan pelaku bisnis lainnya bebas masuk kapanpun tanpa perlu mengkhawatirkan ketersediaan property berfasilitas lengkap untuk mereka dan semua tenaga ahlinya. Keberadaan CitraGrand City juga menjadi barometer bagi developer nasional lainnya. Kesuksesan pemasaran CitraGrand City membuktikan Palembang kota yang layak dimasuki pemain besar property. Saat ini sudah ada satu lagi developer besar nasional yang akan ikut membangun komplek hunian berkelas tinggi, dan mereka mengambil posisi lahan yang bersebelahan persis dengan CitraGrand City. Kita tunggu saja jadi apa wilayah utara Palembang nanti dengan ada 2 raksasa property ini, pastinya menjadi sesuatu yang hebat sekali..!

Share This:

Info Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *