TIPS UNTUNG JUAL BELI TANAH PALEMBANG 2018

10 Alasan Kenapa harus membeli tanah Palembang ?

  1. Tanah Palembang selalu naik secara konsisten setiap tahun.

Mengapa Tanah Palembang dapat mengalami kenaikan harga secara konsisten ? disebabkan karena situasi yang kondusif, jarang terjadi demostrasi buruh maupun keributan karena isu SARA, sehingga pertumbuhan ekonomi dan sosial relatif stabil. Stabilitas ini mengundang banyak pelaku bisnis masuk. Masuknya pelaku bisnis membuat ada permintaan akan Tanah Palembang. Permintaan Naik sementara tanah Palembang tidak bertambah, otomatis harga akan naik.Kenaikan harga tanah Palembang secara konsisten ini penting, jangan sampai uang yang anda investasikan tidak mendapatkan keuntungan. Bila investasi tanah Palembang Anda tidak menguntungkan, lebih baik taruh saja di Bank dalam bentuk deposito, lebih pasti, dijamin pemerintah, dan tidak membuat Anda pusing.

  1. Pemerintah daerah terus membangun

Saya pernah menyaksikan sendiri bagaimana harga tanah Palembang di kawasan Soekarno Hatta Palembang naik 2 kali lipat hanya karena dibuatkan jalan satu lajur tambahan. Harga tanah yang awalnya hanya 1,2 juta / m2, naik drastis menjadi 2,5 juta / m2 dalam tempo 3 bulan sejak jalan selesai di kerjakan. Belum lagi di tahun 2016 ini begitu banyak pembangunan infrastruktur di Palembang, seperti Light Railway Transit / LRT, Jalan Tol dan Trans Sumatera, Jembatan Musi 4 dan 6, MotoGP, Perluasan bandara, pembangunan Venue Olahraga berstandar Internasional, dan banyak lainnya. Dengan terus di bangun, akan ada banyak uang yang berputar di kota Palembang. Banyak uang yang berputar membuat roda ekonomi bergerak, banyak pihak yang akan mendapatkan manfaat positif dari geraknya roda ekonomi, kesejahteraan bertumbuh. Semakin sejahtera maka Demand atau permintaan akan tanah terus terjadi, sehingga harga terus naik secara konsisten

tanah palembang 7

  1. Proses memiliki tanah di Palembang tidak sulit

Tidak seperti di salah satu wilayah istimewa di Indonesia yang mana diluar warga lokal dilarang memiliki Sertifikat Hak Milik, di Palembang selama dia warga negara Indonesia akan mendapatkan hak yang sama untuk memiliki tanah Palembang yang diinginkan. Proses pun tidak berbelit. Mulai dari Notaris, Dinas Perpajakan, Dinas Pertanahan dan Agen Properti Palembang akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Sejak dari pelunasan sampai sertifikat selesai di balik nama proses memiliki tanah Palembang paling hanya memakan waktu 30 hari kerja.

  1. Palembang ramah Investasi

Trend dalam sepuluh tahun terakhir, banyak pengusaha Nasional Indonesia yang mulai expansi ke kota Palembang. Sebut saja Lippo Group, Ciputra, Sinar Mas, Samator, Indofood, Wingsfood, Aston Group, Accor Group, Santika Group, dan banyak lainnya. Mereka merasakan iklim investasi yang bersahabat di kota Palembang. Investasi group group besar tersebut di Palembang tidak dalam nominal juta, tapi sudah ratusan Milyar sampai Triliyun. Mereka membeli Tanah Palembang, membangun, dan memasarkan produknya di kota Palembang. Dan seperti gayung bersambut, produk yang mereka tawarkan di sambut secara hangat oleh masyarakat kota Palembang. Beberapa dari brand besar yang saya sebutkan di atas sudah berbisnis di Palembang untuk tahun kesekian. Beberapa malah membuka cabang dan anak usaha di kota Palembang. Ini tentu indikator yang sangat positif untuk mengukur bagaimana iklim investasi di Palembang. Jika tidak kondusif tentu sudah lama mereka akan angkat kaki dari Palembang.

  1. Jumlah penduduk terus bertambah

Pertambahan jumlah penduduk ini dikarenakan pembangunan berkelanjutan yang terus terjadi di Palembang. Pembangunan ini membuat Palembang menjadi magnet bagi mereka yang tinggal di sekitar kota Palembang. Saat ini ada gap pembangunan yang cukup jauh antara Kota Palembang dan sekitarnya. Gap ini membuat banyak masyarakat diluar Palembang ingin ikut menikmati berbagai kemudahan yang tidak mereka dapatkan di kota / kabupaten mereka. Mall, pelayanan hotel bintang, sarana rekreasi, tempat hiburan, sekolah, rumah sakit, menjadi alasan perpindahan penduduk masuk ke kota Palembang. Pertambahan jumlah penduduk pastinya akan menciptakan Demand akan hunian, sehingga harga Tanah Palembang akan terus bertumbuh.

tanah palembang 5

  1. Tanah Palembang Murah

Dibandingkan harga tanah di kota lain seperti Jakarta, Medan, Surabaya, harga tanah Palembang masih terbilang jauh lebih murah. Di kota besar seperti Jakarta, tidak sulit menemukan transaksi tanah dengan harga permeter di atas seratus juta Rupiah. Di Palembang, lokasi paling strategis pun masih dijual dibawah 50 juta Rupiah per meter. Di banyak titik, harga tanah Palembang tergolong masih feasible untuk di kerjakan untuk properti residensial seperti perumahan dan town house. Untuk perumahan, masih banyak dapat dijumpai tanah Palembang dengan harga jual 1 juta sampai 1,5 juta per meter persegi. Bahkan untuk pemain rumah sederhana sehat (RSS), tanah dengan harga di bawah 100 ribu per meter persegi pun masih dapat dijumpai.

  1. Banyak lokasi yang masih sangat potensial untuk bertumbuh

Wilayah Palembang tergolong luas. Menurut Wikipedia, Luas kota Palembang bahkan mengalahkan luas negara Malaysia. Luas Palembang adalah 374 km2, sementara luas Malaysia hanya 330 km2 . Populasi Palembang saat ini 1,6 juta jiwa. Perbandingan antara jumlah penduduk terhadap luasan wilayah membuat Palembang masih memiliki banyak sekali tanah untuk di kembangkan. Jumlah penduduk Malaysia 29,7 juta jiwa, sementara jumlah penduduk Palembang adalah 1,6 juta jiwa. Secara ratio, setiap 1 km2 tanah Malaysia di huni oleh 90.000 manusia, sementara untuk tanah Palembang setiap 1 km2 baru dihuni oleh 4.278 manusia. Ini menciptakan peluang yang sangat besar. Bahasa sederhananya, Malaysia yang luas wilayahnya hanya 330 km2 pun dapat mengisi wilayahnya dengan kepadatan 90.000 manusia, artinya Palembang pun suatu saat dapat mengejar pertumbuhan ke arah yang sama. Palembang sangat memiliki potensi untuk tumbuh.

  1. Palembang ditunjang oleh Infrastruktur logistik memadai

Ada 3 moda transportasi, darat, laut, dan udara. Darat berkumpul di terminal dan stasiun, laut di pelabuhan, dan udara di bandara. Palembang memiliki ketiga-tiganya moda transportasi itu. Palembang memiliki Terminal Alang Lebar dan stasiun Kertapati, Pelabuhan Boom Baru, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Keberadaan ketiga moda ini di Palembang adalah penting untuk mendukung logistik yang handal. Logistik merupakan salah satu elemen vital dalam menentukan inflasi suatu daerah. Pernah tentu Anda mendengar harga semen di papua 2 juta / sak. Harga semen di kota Palembang saat ini hanya 60 ribu / sak. Ada perbedaan harga sampai 33 kali antara harga semen Palembang dengan harga semen di Papua. Penyebabnya, Papua tidak memiliki armada logistik untuk membawa kebutuhan ke sana. Dengan ketersediaan logistik yang memadai, kepastian harga harga jual dan produksi lebih terjamin, sehingga iklim usaha menjadi lebih bersahabat.

Two Business Men Shaking Hands Beneath International Relations Themed

  1. Palembang adalah Ibukota Provinsi

Dengan menjadi ibukota provinsi, banyak kebutuhan administrasi usaha yang akan lebih mudah didapatkan bila berada di Palembang. Ini penyebab kenapa banyak bisnis menjadikan Palembang menjadi kantor cabang utama, bukan sekadar kantor cabang pembantu. Bank BCA bahkan memiliki 2 Kantor Cabang Utama, di daerah Masjid Lama dan daerah Demang Lebar Daun. Untuk unsur pengamanan, ada Polda dan Kodam di kota Palembang yang terus menjaga keamanan dan ketertiban di kota Palembang.

  1. Palembang banyak event Internasional

Di kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin, Palembang terus dihadiahi dengan berbagai event internasional, yang membuat nama Palembang semakin dikenal dan berkibar di dunia Internasional. Sebut saja Sea Games, Islamic Solidarity Games, Asean University Games, Musi Triboaton, dan banyak kejuaraan dunia lainnya. Satu event internasional sekelas Sea Games dapat mendatangkan 15.000 atlet dan offisial dalam satu perhelatan. Bayangkan bagaimana penuhnya hotel, tempat hiburan, dan tempat makan saat itu. Tingginya tingkat kunjungan ke Palembang membuat Okupancy / tingkat hunian hotel berbintang 3 keatas di Palembang tidak pernah di bawah 70%. Ada salah seorang General Manager hotel berbintang 4 di Palembang bahkan pernah menyampaikan bahwa tingkat Okupancy hotelnya adalah 95%. Untuk bisnis hotel, okupancy yang hanya 70% pun sudah membuat bisnis menguntungkan, apalagi sampai Okupancy 95%, pemilik hotel pasti melompat girang tak terkira sepanjang tahun. Dan selalu, gula akan menarik semut, melihat angka angka yang begitu luar biasa, banyak group yang masuk atau menambah hotel di Palembang. Group Aston menambah Fave Hotel di Palembang, Santika Hotel masuk di jalan Radial, Batiqa Hotel di jalan A.Rivai, dan 101 Hotel di Rajawali. Radar bisnis Pemain hotel Indonesia saat ini terus berbunyi dan memberitahukan ke banyak group hotel untuk masuk dan ikut menikmati kue yang sangat besar ini.

tanah palembang 12

7 Tips membeli tanah Palembang agar menguntungkan

  1. Ketahui isu disekitar tanah.

Beberapa isu dapat merubah harga tanah Palembang dalam hitungan bulan. Isu isu yang dapat menjadikan harga tanah naik secara signifikan misalnya : pembangunan bangunan komersil terkenal di sekitar lokasi, seperti akan di bangunnya Mall, Hotel, Rumah Sakit. Untuk saat ini, isu tidak umum yang juga paling hot yang dapat meningkatkan nilai jual tanah Palembang adalah pembangunan stasiun LRT dan Sirkuit MotoGP di Palembang. Mengapa ? Tanah Palembang Anda yang dekat dengan Stasiun LRT  dapat mengalami lonjakan harga karena stasiun LRT mengirimkan ribuan manusia ke tanah Anda. Tanah Palembang Anda mendapat feeder prospek secara gratis dan berkelanjutan. Mereka yang turun dan keluar dari stasiun bakalan butuh banyak kebutuhan dan keinginan, seperti makan-minum dan belanja barang kebutuhan. Bagi industri seperti kuliner dan retail, ini adalah anugerah besar yang tidak pernah ada sebelumnya. Nilai penjualan Anda dapat naik ratusan kali lipat dari sebelum ada stasiun LRT. Hampir sama untuk sirkuit MotoGP, bila tanah Palembang Anda dekat dengan sirkuit, jumlah manusia di dekat tanah Palembang anda akan naik secara signifikan. Bertambahnya jumlah manusia artinya bertambah peluang bisnis. Anda bisa menciptakan banyak peluang di tanah Palembang Anda. Terserah Tanah Palembang Anda mau dijual atau di sewakan. Namun bila Anda tidak sedang membutuhkan dana, saran saya Tanah Palembang Anda cukup di sewakan saja, tidak perlu dijual. Tanah Palembang Anda akan menjadi aset produktif bagi Anda. Setiap tahun Anda dapat memungut hasil sewa dari tanah itu. Ekonomi Anda akan terangkat.

Sebaliknya, hindari membeli tanah Palembang yang memiliki isu negatif, seperti : segera jadi kuburan, jadi tempat pembuangan sampah, dibelah oleh rel kereta, dilewati oleh tiang listrik tegangan tinggi, disekitar tanah banyak preman, dekat penjara. Isu isu negatif ini akan membuat uang yang Anda keluarkan bukan menjadi investasi, tapi menjadi musibah secara keuangan bagi Anda.

  1. Disekitar tanah banyak bangunan bernilai ekonomis

Bangunan bernilai ekonomis maksudnya bangunan itu dipakai untuk kegiatan ekonomi. Lokasi yang tidak di pakai untuk kegiatan ekonomi artinya lokasi itu tidak memberikan prospek. Hindari lokasi yang tidak memberikan prospek. Bila lokasi itu banyak berdiri ruko, artinya banyak pemain mengidentifikasi ada pasar potensial di sekitar lokasi. Berada di sekitar bangunan bernilai ekonomis membuat ada prospek pertumbuhan yang jelas. Akan ada permintaan terhadap lokasi. Lokasi menjadi gula yang memancing para semut untuk datang mendekat. Banyak yang tertarik menggunakan lokasi untuk mengais keuntungan dari pasar di sekitar tanah Palembang tersebut. Bila supply tanah Palembang di sekitar sudah tidak ada, maka tanah Anda akan menjadi rebutan. Hukum Ekonomi pun berjalan, saat Demand lebih tinggi dari Supply, harga naik. Anda menjadi memiliki daya tawar tinggi. Anda yang menentukan harganya. Pasar dapat menjadi tidak rasional saat kondisi demand lebih tinggi dari supply. Saat itu, kebanyakan orang memilih membeli tanah Palembang Anda lebih di dasari faktor emosional.

House and town plans on lawn (digital composite)

  1. Belilah tanah dekat pemain tanah / raja tanah Palembang

Ini adalah tips yang diberikan oleh salah satu raja tanah di Palembang. Mengapa membeli tanah dekat tanah milik pemain tanah / raja tanah Palembang ? Biasanya para raja Tanah sudah mengetahui prospek kedepan dari lokasi yang di belinya. Mereka menginvestasikan uang dan modal besar tentu tidak untuk mendapatkan kerugian ketika membeli tanah Palembang. Raja tanah kaya akan informasi prospek tanah Palembang, dan Anda yang orang awam menutup kelemahan informasi tersebut dengan memanfaatkan informasi yang terbuka depan mata. Mengapa saya sebut depan mata ? karena bukankah tanah Palembang milik raja tanah tersebut terhampar begitu saja, tidak di simpan dalam lemari ? Jika dana Anda terbatas, cari beberapa informasi seputar tanah Palembang milik raja – raja tanah, lalu pilih satu yang sesuai budget Anda.

  1. Belilah tanah dekat bangunan yang sedang tumbuh bisnisnya.

Membeli tanah di Palembang dekat bangunan yang sedang tumbuh bisnisnya karena saat bisnis tumbuh, mereka akan membutuhkan tanah extra untuk perluasan bisnis, apakah untuk parkir, extra gedung, tambahan gudang, atau kebutuhan lainnya. Tentu lebih ekonomis bagi mereka bila membeli tanah Palembang dekat lokasi bisnis mereka yang sekarang daripada mencari tanah Palembang yang baru, investasi ulang akan memakan uang yang besar. Bagi mereka, membeli tanah disekitar lokasi mereka yang sekarang tetap lebih menguntungkan, walau itu SEDIKIT DI ATAS HARGA PASAR, yang berarti tanah Anda akan di hargai lebih tinggi, investasi Anda lebih menguntungkan. Bahkan bila tidak mau Anda lepas tanah Palembang Anda, Anda dapat menawarkan untuk sewa saja, dan bila mereka setuju, Anda akan mendapatkan pasif income dari tanah Palembang Anda tersebut. Ide sederhana yang sangat menguntungkan, bukan ?

  1. Selalu hindari tanah dengan sertifikat yang tidak jelas

Seringkali orang awam tertarik dengan penawaran yang wah, terkesan sayang bila di lepaskan, kesempatan sekali seumur hidup, walau mereka tau bahwa sertifikat tanah Palembang yang ditawarkan ke mereka tidak jelas. Kondisi sertifikat yang tidak jelas memiliki faktor resiko yang sangat besar, misal : begitu di exekusi, ternyata tanah tidak dapat di kuasai, datang para pemilik sambil membawa golok dan parang. Ya, saya tulis PARA PEMILIK, artinya bukan cuma satu pemilik, bisa dua atau lebih group yang mengakui tanah itu. Saat terjadi kondisi seperti ini, jangankan mendapat keuntungan, yang ada malah nyawa pun terancam. Tentu Anda tidak menginginkan kondisi seperti ini kan sewaktu membeli tanah Palembang ? Atau terjadi kondisi lain yang tidak mengancam nyawa, tapi mengancam fisik Anda. Misalnya ? Anda digugat orang karena menguasai tanah yang dituduh bukan milik Anda. Anda di gugat via pengadilan. Proses di pengadilan sangat berlarut dan makan uang yang besar. Ada 2 kemungkinan bila Anda berperkara seputar tanah Palembang di pengadilan, Anda menang atau Anda kalah. Bila kalah uang dan fisik Anda di pertaruhkan, sell penjara menanti Anda, Namun bila Anda menang pun, uang sudah terlalu banyak di keluarkan, sehingga harga perolehan tanah Palembang Anda jatuhnya tidak murah, malah berkali lipat. Mimpi membeli tanah Palembang mendapat keuntungan malah Anda terbangun dengan kondisi kalah berlumur kerugian. So, prioritaskan tanah yang sertifikatnya jelas.

Mungkin Anda bertanya, bukankah ada orang yang spesialis membeli tanah bermasalah ? Ya, benar ada. Tapi itu bukan profesi yang saya yakin Anda mau geluti. Mengapa ? Anda mesti siap tempur secara fisik, setiap saat dapat terjadi adu fisik di lapangan, Anda dan keluarga di terror. Untuk mengantisipasi hal hal itu, anda mesti memelihara pasukan tempur baik formal maupun informal, memiliki team legal yang kuat, koneksi hukum sampai tingkat pusat, dan siap terima kekalahan besar. Bahasa sederhananya, Anda siap memiliki mental preman, siap kalah jadi abu, menang jadi arang.

Lalu mungkin Anda bertanya, bukankah sudah sertifikat pun masih dapat di gugat orang ? benar, itu kelemahan di negeri kita, system belum online, pencatatan di masa lalu banyak tidak rapi, kesalahan masa lalu akibat mental petugas yang dapat di bayar, dan akibat administrasi yang berubah seperti akibat pemekaran wilayah. Namun, bila sertifikat Anda asli dan Anda tidak melakukan sesuatu yang melanggar ketentuan, posisi Anda lebih kuat secara hukum. Anda pun tidak dapat dikenakan pasal pelaku penipuan atau pasal pidana lainnya, tapi Anda lebih condong sebagai korban, korban kondisi dan situasi.

Di keluarga saya ada prinsip : dengan tidak mengalami kerugian pun saat itu sudah untung.Jadi, jangan cari masalah, karena tanpa dicari pun masalah akan datang dengan sendirinya.

  1. Beli tanah Palembang dekat Industri sejenis

Bila Anda membeli Tanah Palembang untuk membangun industri, paling gampang adalah membaca dimana pesaing terkuat Anda menempatkan bisnisnya (pesaing yang memiliki bisnis yang menguntungkan tentunya). Pesaing menempatkan bisnisnya pasti dengan mempertimbangkan banyak sekali faktor. Sewaktu Anda masuk ke satu wilayah baru, barangkali Anda belum mengetahui beberapa informasi penting seputar wilayah yang anda masuki. Bisa jadi pesaing Anda memilih lokasi itu karena dekat dengan Sumber daya, dekat dengan pembeli potensial, atau dekat dengan jalur logistik. Mendapatkan informasi dimana pesaing Anda menempatkan bisnisnya merupakan trik sederhana untuk masuk ke satu wilayah baru dengan resiko lebih kecil .

tanah palembang 14

  1. Sabar dan Lakukan Analisa

Jangan membeli tanah Palembang secara emosional, tapi jadilah Rasional. Terburu buru dapat membuat Anda mengambil keputusan secara serampangan. Bisa jadi Anda jadi tidak teliti dengan sertifikat, salah posisi tanah, luasan tanah kurang, sampai masalah harga yang kemahalan. Perhatikan legalitas tanah sewaktu membeli. Lakukan pemeriksaan di Badan Pertanahan setempat. Ajak petugas ke lokasi untuk memastikan kebenaran lokasi, juga lakukan pengukuran untuk memastikan luas lahan sesuai di sertifikat. Untuk harga tanah Palembang, coba cari Property Agent Palembang setempat yang sudah lama berkecimpung di penjualan Tanah Palembang. Property Agent Palembang yang professional akan dapat memberikan informasi awal yang Anda butuhkan. Sampaikan semua kebutuhan Anda secara terbuka, sehingga lokasi yang direkomendasikan akan lebih tepat guna.

 

Ini lah tips yang saya tulis khusus Untuk anda, hampir 2700 kata, sungguh melelahkan, tapi membuat saya sangat puas bila dapat membantu anda mendapatkan tanah terbaik dengan harga terbaik, dan kondisi aman dimiliki. Untuk tips dan informasi lain, silakan hubungi saya SUWANDI HERMAWAN – 081278280788 / Telp – WA

Bila Anda berencana ke Palembang coba hubungi saya paling lambat sehari sebelumnya, semoga saya dapat memberikan layanan extra untuk Anda, mulai dari penjemputan, showing lokasi, antar ke hotel, dan antar Anda balik ke bandara lagi, semua FREE OF CHARGE..!

Wandi Persegi

Demikian, semoga Artikel seputar Tanah Palembang ini bermanfaat bagi Anda

Share This:

Info Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *